Life & health

6 Alasan untuk Tetap Berolahraga saat Hamil

By : Amalta Rifani - 2017-05-21 10:22:21 6 Alasan untuk Tetap Berolahraga saat Hamil

Sebagai seorang wanita, mungkin ada rasa takut melakukan beberapa aktivitas saat masa kehamilan, salah satunya adalah olahraga.
 
Namun berolahraga saat sedang hamil baik untuk Anda dan sang bayi karena dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko diabetes, mengontrol hormon, dan membantu memepersiapkan proses kelahiran.
 
Sebelum memulai olahraga, Anda disarankan berkonsultasi dengan dokter untuk membahas seputar jenis olahraga apa saja yang diperbolehkan. 
 
Lalu, apa saja alasan lain untuk wanita hamil agar terus menjaga kesehatan kandungan dengan berolahraga?
 
1. Memperkuat tubuh dan pikiran
Selain memperkuat pikiran dalam mempersiapkan proses kelahiran, penelitian menunjukan bahwa olahraga selama masa kehamilan dapat mengurangi waktu persalinan, begitu pula pemulihannya.
 
2. Meningkatkan aktivitas otak janin
Sebuah studi mengemukakan bahwa 20 menit latihan moderat dalam tiga kali seminggu mampu meningkatkan kekuatan otak bayi.
 
3. Mendapatkan tidur yang berkualitas
Kesulitan untuk tidur semasa kehamilan sering kali terjadi terutama pada tiga bulan terakhir masa kandungan. Olahraga mampu mengatasi titik masalah tidur para wanita hamil.
 
4. Meringankan sakit punggung
Selain sulit untuk tidur, masalah satu ini akan selalu terjadi pada wanita hamil. Untuk mengobati rasa sakit ini, lakukanlah aktivitas fiisk untuk mengurangi nyeri punggung.
 
5. Mengurangi risiko diabetes gestasional
Kendala ini terjadi ketika Anda memiliki banyak gula dalam darah dan untuk menghindarinya, pastikan berolahraga dan majan sehat secara teratur.
 
6. Menyeimbangkan hormon
Hormon akan berubah selama masa kehamilan, sehingga emposi Anda akan lebih tidak terkendali. Untuk mengurangi perubahan suasana hati, cobalah berolahraga secara teratur.
 

Life & health