Hair & beauty

Penyebab Rambut Rontok yang Paling Umum

By : Putri Arifa Malik - 2017-03-17 23:36:00 Penyebab Rambut Rontok yang Paling Umum

 

Rambut rontok pasti akan terjadi karena siklus alami pertumbuhan dan kehilangan rambut. Namun rambut rontok berlebihan akan mengganggu penampilan. Penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya bisa Anda lihat di artikel ini.

Jangan lupa untuk menggunakan shampo rambut rontok jika Anda mengalami kerontokan parah. Ada juga cara mengatasi rambut rontok dengan vitamin untuk rambut rontok dan obat rambut rontok parah.


(Baca juga artikel: 11 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Rontok)


1. Pikirkan Lagi Asupan Nutrisi Anda

You are what you eat menjadi idiom yang tepat untuk poin satu ini. Apa yang Anda makan pastinya mempengaruhi kesehatan dan terkadang kecantikan. Masalah rambut dan kulit kepala bisa muncul karena kekurangan atau kelebihan nutrisi. Tentunya tubuh membutuhkan nutrisi seimbang untuk berfungsi secara optimal dan tetap terjaga kesehatan sekaligus kecantikannya.


2. Bersantai Sejenak

Tingkat stres yang cukup tinggi bisa menyebabkan kerontokan parah pada rambut. Sebaiknya ketika merasa stres atau di bawah tekanan, luangkan waktu sejenak untuk bersantai atau sekedar melakukan me time. Olahraga bisa menjadi opsi untuk menurunkan level stres, tapi jangan melakukannya secara berlebihan.


3. Jangan Lupakan Kulit Kepala

Saat Anda jarang mencuci rambut, ini akan menyebkan ketombe dan berlanjut ke masalah kerontokan. Jika kulit kepala terasa gatal, pilih sampo dan kondisioner yang lembut atau memang diformulasikan khusus untuk kulit kepala sensitif. Jangan lupa aplikasi hair tonic demi menjaga kondisi kulit kepala.


(Baca juga artikel: 5 Cara Menghilangkan Ketombe)


4. Minum Vitamin

Konsumsi vitamin yang tepat bisa membantu mengatasi penyebab kerontokan. Kulit kepala dan rambut membutuhkan vitamin seperti kalsium, zat besi, protein gelatin, protein kedelai, vitamin D, B12, dan B6. Waktunya untuk mencari tahu vitamin apa yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut.


5. Temui Spesialis

Jika penyebab kerontokan adalah faktor genetik, sebaiknya Anda menemui dokter spesialis untuk mengatasinya. Tes darah yang simpel bisa dilakukan untuk menemukan apa sebenarnya penyebab rambut rontok Anda.


(Baca juga artikel: Cara Mengatasi Rambut Rontok)

Hair & beauty