Hair & beauty

5 Cara Menghilangkan Ketombe

By : Putri Arifa Malik - 2017-03-13 00:23:21 5 Cara Menghilangkan Ketombe

Ketombe bisa menjadi salah satu hal yang mengganggu bahkan memalukan jika terlampau parah. Namun cara menghilangkan ketombe yang parah tidak boleh sembarangan.

Cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok mungkin bisa dilakukan bersamaan dengan shampo untuk menghilangkan ketombe. Jika Anda belum tau cara menghilangkan ketombe membandel atau cara mengatasi ketombe dan gatal pada kulit kepala, simak beberapa tips berikut.

(Baca juga artikel: Trik Paling Baru untuk Menata Rambut)

Perhatikan Kondisi Kulit Kepala. Ketombe parah bisa jadi disebabkan oleh eczema atau jamur yang tumbuh di kulit krpala sehingga menyebabkannya kering dan rontok.

Jika memang ketombe Anda disebabkan oleh masalah ini, sebaiknya ganti perawatan dengan sampo dan pilih produk yang membersihkan jamur tersebut. Cari kandungan seperti ketoconazole, selenium sulfide, asam salisilat atau pyrithione zinc yang bisa mengeksfoliasi kulit kepala.

Diamkan Sampo. Saat keramas, diamkan sampo selama satu atau dua menit agar bisa bekerja lebih optimal di kulit kepala.

Coba Medicated Shampoo. Jika Anda memiliki rambut kering dan rusak, aplikasikan medicated shampoo hanya ke bagian kulit kepala dan akar. Selebihnya, gunakan sampo yang menutrisi dan melembabkan batang rambut.

(Baca juga artikel: Botox untuk Rambut?)

Lihat Kemajuannya. Setelah mencoba tiga cara di atas, tunggu hingga satu bulan dan perhatika hasilnya. Jika memang tidak terjadi kemajuan apa pun, sebaiknya Anda pergi ke dermatologis untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Tutupi Ketombe. Selama Anda menjalani perawatan untuk menghilangkan ketombe, pastikan masalah ini tidak menggangu penampilan. Hindari penataan rambut yang mengekspos kulit kepala. Coba gaya rambut yang memberi volume sehingga tampilan tak fokus ke kulit kepala.

(Baca juga artikel: 4 Cara Mengatasi Rambut Kusut)

Hair & beauty