Life & health

8 Cara Menghemat Listrik di Rumah

By : Yolanda Deayu - 2017-03-12 02:12:07 8 Cara Menghemat Listrik di Rumah

Ulah manusia yang membuang-buang listrik menjadi salah satu penyebab kondisi Bumi menjadi mengkhawatirkan. Membiasakan diri untuk menghemat listrik akan membantu menyelamatkan planet ini serta tagihan listrik Anda. Berikut adalah 8 cara menghemat listrik di rumah.

(Baca juga artikel: 7 Cara Menghemat Air di Rumah)

Matikan lampu

Manfaatkan sinar matahari untuk penerangan di siang hari sehingga Anda tidak perlu menyalakan lampu. Matikan juga saat hendak tidur agar lebih menghemat listrik.

Pilih pakaian sesuai cuaca

Gunakan pakaian tipis dan mudah menyerap keringat saat cuaca panas dan pakaian yang tebal saat cuaca dingin, sehingga Anda tidak perlu bergantung kepada pendingin udara atau penghangat ruangan.

Cabut charger

Jika daya ponsel sudah terisi dengan penuh, cabutlah charger dari soket listrik dan jangan ditinggalkan begitu saja karena akan tetap menghantarkan daya yang tidak terpakai.

Matikan air conditioner

Matikan air conditioner dan buka jendela dan biarkan angin yang membuat rumah Anda menjadi sejuk secara alami atau berkipas menggunakan kipas tangan agar tidak perlu menggunakan listrik.

Gunakan lampu hemat energi

Ganti lampu di rumah Anda dengan lampu hemat energi dan ramah lingkungan,

Jemur pakaian

Keringkan pakaian yang sudah dicuci secara alami dengan memanfaatkan panas sinar matahari daripada menggunakan mesin pengering untuk lebih menghemat listrik.

Cuci pakaian dengan air dingin

Mencuci pakaian dengan air dingin tidak memerlukan energi tambahan seperti mencuci dengan air panas. Pastikan tidak ada pakaian yang memerlukan perawatan khusus agar tidak rusak.

Elektronik tidak terpakai

Jika ada perabotan elektronik tidak terpakai dan masih terhubung dengan listrik, sebaiknya disimpan dan cabut dari soket listrik agar tidak menarik daya yang terbuang sia-sia dan meringankan tagihan listrik.

Life & health