Life & health

Cara Mendapatkan Payudara yang Sehat

By : Amalta Rifani - 2017-02-26 09:52:09 Cara Mendapatkan Payudara yang Sehat

Kanker payudara adalah salah satu hal yang paling ditakuti oleh semua wanita. Untuk mencegahnya, sejumlah tips berikut dapat dilakukan agar payudara Anda tetap sehat.

1. Olahraga

Sel-sel lemak memproduksi hormon estrogen, dan jika terlalu tinggi dapat berisiko kanker. Dengan berolahraga, lemak tubuh akan berkurang sehingga produksi estrogen tidak bertambah. The American Society menyarankan untuk berolahraga setidaknya 150 menit dalam seminggu. Jika Anda sibuk, berolahragalah 75 menit seminggu.

2. Kurangi alkohol

Dalam sebuah studi meta-analisis, dari 53 survei menyatakan bahwa wanita yang minum lebih dari tiga gelas minuman beralkohol sehari mempunyai 1,5 kali risiko lebih besar terkena kanker daripada mereka yang tidak minum.

3. Hindari stres

Sejumlah studi menyatakan bahwa ada faktor psikologi yang bisa memicu munculnya sel kanker, dan stres bisa menjadi salah satu penyebabnya. Orang-orang yang sedang berada di bawah tekanan cenderung 'lari' ke alkohol dan hal ini sangat berisiko.

4. Tidur cukup

Waktu tidur normal adalah 7-8 jam. Jika terjaga hingga larut malam akan membuat mata terlalu banyak terekspos cahaya yang bisa mengurangi hormon melatonin. Sebuah studi menemukan bahwa melatonin bisa mengontrol estrogen.

5, Menjaga berat badan

Selain bertujuan untuk mempercantik diri, kembali lagi dengan poin di mana terlalu banyak lemak dalam tubuh dapat meningkatkan estrogen, sehingga wajib bagi Anda untuk bertahan di berat badan ideal nan sehat.

6. Mengonsumi makanan sehat

Kentang, wortel, dan sayuran hijau tua mengandung zat yang membantu mengatur pertumbuhan sel kanker, dapat menjadi antibodi, dan regenerasi sel. Ikan yang kaya akan omega-3 juga dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara seperti sarden, salmon, ikan asin, tuna, dan makarel. Satu lagi, rajinlah meminum teh hijau yang kaya akan polifenol, antioksidan dengan banyak manfaat terutama anti-kanker payudara.

Life & health