Food & travel

Cara Mengatasi Mabuk Kendaraan

By : Yolanda Deayu - 2017-02-19 06:48:34 Cara Mengatasi Mabuk Kendaraan

Melakukan road trip bersama keluarga atau teman-teman memang menyenangkan. Namun perjalanan yang jauh dan kondisi yang tidak baik dapat membuat Anda mabuk kendaraan. Berikut adalah tips agar tidak mabuk kendaraan.

(Baca juga artikel: 5 Tips Mengatasi Jet Lag)

Tarik napas

Tarik napas yang dalam dan keluarkan secara perlahan agar tubuh Anda merasa rileks dan terhindar dari mabuk kendaraan. Teknik ini akan membuat Anda lebih tenang dan mengurangi gejala mabuk kendaraan yang Anda rasakan.

Menyetir

Tawarkan diri Anda untuk menyetir selama perjalanan. Anda yang akan mengontrol bagaimana laju mobil jika Anda yang menyetir, sehingga tidak akan kaget saat harus melakukan rem mendadak atau berpindah jalur.

Jangan konsumsi makanan berminyak

Makanan yang berminyak akan membuat Anda lebih rentan terserang rasa mual. Pilihlah makanan yang sehat seperti salad dan dalam jumlah yang sedikit agar perut Anda tidak terasa penuh.

Makan camilan hambar

Bawa makanan ringan yang hambar untuk Anda konsumsi selama perjalanan. Camilan yang hambar dapat meresap asam lambung sehingga akan membuat Anda merasa lebih tenang dan terhindar dari mabuk kendaraan.

Fokus

Fokuskan tatapan Anda ke jalan agar pikiran Anda terhindar dari rasa mual. Nikmatilah pemandangan yang Anda lewati sambil mendengarkan musik selama perjalanan dan hindari bermain dengan telepon genggam Anda atau membaca buku.

Berhenti sejenak

Berhentilah saat Anda melihat rest area agar dapat beristirahat. Tidurlah sebentar agar tidak lelah dan menurunkan stamina tubuh. Anda juga dapat berjalan-jalan atau jajan di rest area untuk menghilangkan rasa mual Anda.

Nyalakan AC

Ruangan yang dingin dapat meringankan gejala dari mabuk kendaraan. Nyalakan AC di mobil Anda agar Anda tidak berkeringat atau merasa mual yang merupakan gejala dari mabuk kendaraan.

Food & travel