Fashion

Berkenalan Lebih Jauh dengan Bahan Spandex

By : Audi Fristya - 2017-02-16 22:56:44 Berkenalan Lebih Jauh dengan Bahan Spandex

Kali ini, her world mengajak Anda untuk lebih mengenal bahan Spandex. Kain spandex memiliki sifat yang sangat elastis (stretch), namun pada implementasinya bahan seharusnya tak bisa berdiri sendiri menjadi kain, harus dikombinasikan dengan serat lain seperti katun rayon, dan masih banyak lagi.

Keunggulan dari bahan ini adalah memiliki elastisitas yang bisa mencapai tingkat 600% dan mampu kembali keukuran semula.

Penggunaan bahan ini biasa digunakan untuk pakaian olahraga dan busana mode terkini. Seperti pada koleksi Balenciaga spring summer 2017, sang direktur kreatif, Demna Gvasalia menggunakan bahan ini dengan berbagai warna cerah, seperti ungu dan pink. Bahkan, Demna berhasil menggunakan teknik drapinguntuk bahan ini sehingga menghasilkan sebuah koleksi yang menawan.

Setelah itu, mari mengenal beberapa jenis bahan spandex yang perlu diketahui, antara lain:

Katun Spandex

Sesuai dengan namanya, bahan ini merupakan perpaduan dari serat spandex dan bahan katun. Bahan ini memiliki tekstur yang lembut, elastis, mudah menyerap keringat, tahan lama, namun tetap terasa sejuk ketika dikenakan.

 

(Baca juga artikel: Mengenal Jenis Bahan Crepe)

Rayon Spandex

Jenis ini juga dikenal sebagai kain linen. Bahan ini memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan katun spandex. Bahan ini juga memiliki sifat yang tidak mudah kusut.

Spandex Balon

Terbuat dari serat polyester dengan campuran serat spandex, bahan ini sangat lentur, ringan, terlihat mengilap dan mudah melepas panas. Bahan ini juga sangat mudah dalam hal perawatan dan serat tidak mudah rusak.

Kain ITY Spandex

Kain yang dikenal juga sebagai spandex korea ini, merupakan singkatan dari Interlocked Twisted Yarn. Kain ini memiliki karakteristik lembut, “jatuh” dengan sangat baik, namun memiliki bobot yang sedikit lebih berat dibandingkan dengan rayon spandex.

Fashion