Life & health

Tips Hari Pertama Kerja

By : Amalta Rifani - 2017-02-15 22:36:33 Tips Hari Pertama Kerja

Menngenal lingkungan baru di kantor yang baru mungkin akan terasa asing bagi Anda. Selain mempersiapkan diri sehari sebelumnya, lakukan lima hal ini yang dapat menyelematkan hari pertama Anda bekerja agar lebih menyenangkan.

1. Tiba satu jam sebelumnya

Dengan datang lebih awal, rasa gugup dan panik akan berkurang karena masih ada waktu untuk mempersiapkan diri untuk mengenal lingkungan tempat Anda bekerja atau setiap sudut kantor. Antusiasme Anda juga akan terlihat sebagai seorang pekerja.

2. Pintar berbusana

Pastikan pakaian kerja yang Anda gunakan sesuai, rapi, enak dipandang, serta tidak berlebihan. Untuk memberikan kesan pertama, Anda harus pandai mengekspresikan karakter lewat cara berbusana.

3. Berkomunikasi

Komunikasi adalah kunci utama untuk menarik perhatian rekan kerja dan cara mengenal mereka. Mulailah dengan menyapa, dan perlahan bertanya untuk mengetahui sistem kerja.

Jangan takut dan malu bertanya atau meminta saran saat menemui kesulitan, serta melibatkan diri jika kondisi memungkinkan. Hindari hal-hal seperti gosip atau pembicaraan yang memungkinan Anda terlihat tidak kredibel.

4. Tunjukkan sifat positif

Dengan tersenyum dan memberikan bahasa tubuh yang baik, rekan kerja akan melihat Anda dengan ramah. Tidak perlu terlalu dipaksa atau berlebihan, lakukan hal-hal positif yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan tempat Anda bekerja.

5. Jangan pulang tepat waktu

Setelah seharian mengamati dan mempelajari suasana kantor baru beserta isinya, jangan buru-buru ingin pulang. Beradaptasi membutuhkan waktu, semuanya balik lagi pada diri Anda sendiri.

Usahakan pulang 15 menit lewat dari waktu yang ditentukan untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki niat yang besar pada pekerjaan.

Life & health