Life & health

5 Tips Mengatasi Jet Lag

By : Amalta Rifani - 2017-02-05 23:18:12 5 Tips Mengatasi Jet Lag

Perjalanan jauh yang melintasi zona waktu saat liburan ataupun business trip mungkin berdampak bagi kondisi fisik Anda.Jet lag, adalah istilah yang digunakan setelah penerbangan jarak jauh yang membuat Anda pusing, merasa lelah, susah tidur, nyeri otot, susah berkonsentrasi, dan perubahan emosional. Untuk mengatasi keadaan yang tidak nyaman tersebut, berikut lima tips sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jet lag.

1. Manfaatkan sinar matahari pagi

Saat Anda tiba di tujuan atau kembali ke kota asal, manfaatkan pagi hari dengan berjalan-jalan santai di taman sembari merasakan sinar matahari dari pukul 07.00-09.00 yang dapat menghangatkan sekujur tubuh Anda. Jika sudah merasa lebih fit, lakukan jogging atau olahraga ringan lainnya yang dapat mengembalikan metabolisme tubuh Anda.

2. Perlengkapan tidur yang lengkap

Mengatur kembali waktu tidur Anda sangatlah penting. Bahkan memanfaatkan tidur singkat selama 20-30 menit dapat membantu mengatasi jet lag. Dapatkan tidur malam yang nyenyak dan berkualitas usai penerbangan panjang dengan bantuan peralatan tidur yang lengkap seperti eye mask dan ear plug.

3. Mengonsumsi minuman herbal

Minuman herbal seperti teh dan wedang jahe bermanfaat untuk mengembalikan stamina dan menjadi obat tidur terbaik. Minumlah wedang jahe atau air gingseng di pagi hari untuk menyegarkan kembali tubuh Anda dan konsumsi teh kamomil untuk malam hari agar lebih rileks.

4. Mengatur pola makan

Jaga kembali pola makan dan sesuaikan dengan jam di mana Anda berada. Untuk pemulihan jet lag, pilihlah makanan yang bernutrisi dan jangan sampai telat makan. Asupan makanan dapat mengembalikan energi dan konsentrasi lebih optimal.

5. Mandi dengan suhu air yang sesuai

Usahakan untuk mandi dengan air hangat pada pagi hari dan air dingin pada malam hari untuk membuat tubuh Anda kembali segar. Hormon melatonin dibutuhkan untuk membuat tidur lebih nyenyak yang timbul karena adanya perubahan temperatur badan.

Life & health