Fashion

Serunya Singapore Fashion Week 2017

By : Audi Fristya - 2017-11-10 14:23:00 Serunya Singapore Fashion Week 2017

Akhir Oktober lalu, Singapura kembali disibukkan oleh gelaran mode akbar yang sudah dua tahun berturut-turut dipusatkan penyelenggaraannya di National Gallery Singapore. Gedung megah tempat berlangsungnya pameran seni berkualitas ini dipenuhi oleh para pecinta mode, media, blogger, influencer, juga para pebisnis fashion dan tech-preneur se-Asia yang antusias menyaksikan setiap koleksi yang dipertontonkan. Tak kurang dari 50 perancang mode dari 11 negara Asia berpartisipasi selama tiga hari fashion week ini.

Bintang tamu yang sangat ditunggu kali ini adalah Jason Wu, perancang mode Asia yang berbasis di New York dan telah banyak mendandani selebritas bahkan mantan Ibu Negara Amerika Serikat, Michelle Obama. Selain menggelar koleksi spring 2018, Jason juga didaulat untuk menjadi salah satu pembicara dalam Zipcode, sebuah Fashion Tech Summit yang membahas isu global berupa perkembangan industri mode di era digital.

Koleksi Spring Summer 2018 karya Lai Chan, perancang mode senior Singapura terpilih menjadi show pembuka di hari pertama. Gaun mewah dengan permainan detail oriental yang kental khas Lai Chan semakin mengukuhkan keberadaannya sebagai desainer kebanggaan Singapura. Selain itu, desainer asal Asia lain seperti Korea, Jepang, Philipina, Indonesia dan China juga ikut berpartisipasi dalam gelaran multi label Asia Fashion Designers Showcase yang difasilitasi oleh Zalora. Para tamu dapat memilih koleksi favorit dari koleksi yang dipamerkan pada sesi ini, dan langsung berbelanja online lewat aplikasi Zalora e-shopping.

Fashion Futures

Gin Lee, Ling Wu, Nida Shay dan Whole9Yards (Widelia Liu & Daniel Ngoo) adalah empat nama dan label yang masuk ke dalam program Fashion Futures tahun ini. Sebuah program hasil kerjasama dengan Council of Fashion Designers of America yang memberikan pembekalan bisnis, juga yang berhubungan dengan digital dan teknologi untuk para desainer lokal berbakat agar dapat mengembangkan labelnya ke dunia internasional. Beberapa alumni Fashion Futures dari tahun-tahun sebelumnya juga ikut menggelar karyanya tahun ini, seperti Deboneire, Wai Yang, dan Weekend Sundries.

Modest Fashion

Komunitas hijab mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir ini tidak saja di Asia namun juga dunia. Modest fashion kian menjadi highlight pada Singapore Fashion Week kali ini dengan hadirnya para desainer hijab kenamaan yang juga merupakan digital influencer di antaranya Dian Pelangi (Indonesia) dan Jovian Mandagie (Malaysia) yang menggelar koleksinya dalam MODESTsyle Fashion Showcase di hari ketiga. Dengan terangkumnya data bahwa lebih dari 60% komunitas muslim berada di wilayah Asia Pasifik, maka modest fashion tak diragukan menjadi geliat bisnis yang sangat menjanjikan.

(Baca juga artikel: Apresiasi untuk Desainer Muda di Singapore Fashion Week)


Fashion