Life & health

6 Manfaat Sehat Kunyit Putih

By : Amalta Rifani - 2017-10-21 11:00:00 6 Manfaat Sehat Kunyit Putih

Meskipun memiliki kandungan yang berbeda dengan kunyit oranye, kunyit putih juga memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh, khususnya untuk mengobati penyakit.

Her world akan membagikan enam manfaat sehat yang perlu Anda ketahui jika rajin mengonsumsi makanan yang dicampurkan dengan kunyit putih.

(Baca juga artikel: Manfaat Si Kuning Kunyit Untuk Kesehatan)

1. Antimikroba dan antijamur
Penelitian membuktikan bahwa ekstrak kunyit putih dapat melawan bakteri yang menyebabkan penyakit seperti gangguan pencernaan, diare, dan keracunan makanan. Selain itu ekstrak kunyit putih juga melawan infeksi jamur Candida dan Aspergillus.

2. Obat alergi
Senyawa curcuminoids dalam kunyit putih bermanfat sebagai anti-alergi dan mampu mengatasi gejala infeksi alergi pada kulit. Kunyit putih menghambat aktivitas protein penyebab peradangan.

3. Anti kanker
Kunyit putih juga diyakini dapat menghambat metastasis kanker atau penyebaran kanker dari suatu organ ke organ tubuh lain.

4. Menjaga kesehatan pencernaan
Kunyit dikenal ampuh mengobati masalah pencernaan dari zaman nenek moyang. Minyak esensial kunyit putih bermanfaat dalam pengobatan kolik, kejang otot, penurunan nafsu makan, makan, cacingan, perut kembung, sembelit, dan peradangan usus akibat stres.

5. Mentralisir racun gigitan ular
Kunyit putih bisa menjadi penawar racun gigitan ular karena ekstraknya bekerja menghambat aktivitas bisa ular yang menjalar dalam tubuh.

6. Pereda sakit
Karena memiliki sifat analgesik yang lebih baik daripada aspirin, kunyit putih dengan senyawa alami mampu menghilangkan rasa sakit. Selain itu, kunyit putih bermanfaat sebagai antiperadangan berkat kandungan diuretiknya terutama dalam mengatasi nyeri sendi.


Life & health