Fashion

Cara Mudah Menyetrika Busana Lipit

By : Audi Fristya - 2017-01-30 22:12:13 Cara Mudah Menyetrika Busana Lipit

Busana model lipit memang kian menjadi tren dari panggung mode hingga high street brand. Tetapi, cara menyetrika busana tersebut merupakan hal yang tidak mudah. Apabila melakukannya salah, model lipit yang ada di busana tersebut akan hilang. Sebelum mengetahui cara menyetrika yang tepat, sebaiknya Anda ketahui dulu ada dua jenis lipit yang perlu diperhatikan:

1. Heat-set

Lipit model ini memang memiliki sifat yang mudah hilang, apalagi terkena air. Perawatan model ini sebaiknya menggunakan dry clean agar lipitannya tetap terjaga. Atau Anda juga bisa menggunakan setrika uap untuk lebih detail.

2. Stitched-in

Perawatan busana lipit model ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan model heat-seat. Anda bisa menyetrika sendiri dirumah, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:

- Atur panas sesuai dengan kain yang akan disetrika

- Jika menggunakan meja setrika, masukkan satu sisi rok kebawah meja setrika, tujuannya agar lebih mudah ketika proses menyetrika.

- Rapikan lipit sesuai dengan garisnya, jepit bagian bawah rok dengan menggunakan klip atau jepit rambut sehingga tidak bergerak.

- Percikan air dengan pelembut agar kain mudah disetrika dengan hasil memuaskan

- Mulailah menyetrika dari atas ke bawah. Lakukan satu arah sesuai dengan serat kain. Hal ini akan mempermudah proses penyetrikaan, sekaligus menjaga model lipit yang ada pada busana.

- Setelah selesai, lepas penjepit pada bagian bawah rok, lanjutkan proses menyetrika pada satu arah.

- Lakukan hingga setiap sisi selesai disetrika

- Untuk menjaga model lipit, busana ini harus disimpan dengan cara digantung. Apabila Anda melipatnya, busana ini akan cepat kusut dan lipitnya akan cepat hilang.

 

(Baca juga artikel: Cara Merawat Pakaian Berbahan Kulit)

Fashion