Life & health

4 Cara Menjaga Kesehatan Mata

By : Yolanda Deayu - 2017-01-05 02:55:13 4 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu panca indera yang penting untuk manusia. Jadi sudah sewajarnya bagi Anda untuk selalu menjaga kesehatan mata. Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata.

 

Gunakan kacamata hitam

Matahari memancarkan sinar ultra violet yang tidak hanya berbahaya untuk kulit, tapi juga untuk mata. Gunakan kacamata hitam saat Anda hendak bepergian pada siang hari.

 

Jangan terlalu lama menatap layar komputer atau ponsel

Jika mata Anda terasa lelah, sakit, dan pandangan menjadi kabur, berarti Anda sudah terlalu lama menatap layar komputer atau ponsel. Alihkan pandangan Anda ke arah lain selama 20 detik agar mata Anda dapat beristirahat. Jika mata Anda terasa kering, berkedip lebih sering sehingga air mata Anda akan membasahi bola mata Anda.

 

Makan makanan yang sehat

Makanlah makanan yang sehat dan bergizi agar tubuh Anda tetap kuat di hari tua sehingga tidak terserang penyakit mata yang rentan menyerang pada saat usia sudah lanjut seperti katarak.

 

Berhenti merokok

Selain memberi pengaruh buruk terhadap paru-paru, merokok juga memungkinkan Anda untuk terkena katarak dan kerusakan saraf optik.

Life & health