Life & health

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Rumah

By : Kiki Riama Priskila - 2016-06-25 02:40:31 Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Rumah

Dengan kemajuan teknologi, proses jual-beli rumah jadi terasa lebih mudah. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar proses transaksi berjalan lebih lancar.

Surat rumah atau status tanah

Perhatikan dokumen-dokumen yang ada seperti surat rumah yang akan diperjual-belikan. Pastikan surat rumah yang ada sudah sesuai dengan yang diinginkan. Sertifikat tanah juga menjelaskan status properti tersebut. Apakah namanya sesuai dengan si penjual?

Kondisi rumah

Selain dokumen, cek lagi kondisi rumah yang akan Anda beli. Apakah kondisinya masih bagus, aliran listrik aman, hingga kebersihan dan keamanan lingkungan sekitar. Pastikan juga spesifikasi bangunan masih kokoh dan layak huni. Anda tentu tidak ingin dihadapi dengan dinding yang tiba-tiba bocor.

Lokasi

Kebanyakan, lokasi rumah akan mempengaruhi harga. Lokasi yang strategis biasanya akan lebih mahal dibanding area yang agak sulit dijangkau. Teliti juga kemudahan akses menuju fasilitas publik. Berapa jarak ke halte bus atau stasiun dan mini market terdekat.

Kondisi air

Salah satu faktor penting yang wajib diperhatikan adalah kondisi air. Jika kualitas air bersih dan lancar, Anda bisa melanjutkan proses pembelian dengan aman.

 

(FOTO: SYDA PRODUCTIONS/SHUTTERSTOCK)

Life & health