Life & health

4 Cara Agar Puasa Anda Lancar

By : Kiki Riama Priskila - 2016-06-17 02:44:58 4 Cara Agar Puasa Anda Lancar

Niat

Melakukan sesuatu tanpa ada niatan baik, pasti rasanya akan lebih berat. Setiap bangun tidur, kokohkan niat Anda untuk berpuasa. Dengan begitu, momen berpuasa akan terasa lebih mudah.

Istirahat cukup

Selain pola makan yang seimbang, kunci penting kelancaran puasa ada di jumlah istirahat yang cukup. Ada baiknya untuk langsung tidur setelah selesai solat tarawih agar Anda tidak kesulitan sewaktu bangun untuk sahur.

Atur waktu secermat mungkin agar kualitas istirahat tetap terjaga. Namun ingat, hindari waktu tidur yang terlalu lama karena tubuh justru akan mengalami dehidrasi yang lebih banyak.

Rencanakan pola makan

Buat perencanaan makan saat sahur dan berbuka puasa yang rapi. Dengan begitu, Anda bisa mengatur pola makan yang sehat dan seimbang (bukan junk food).

Saat sahur, konsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi seperti beras merah, gandum, dan roti. Konsumsi juga kuning telur, daging merah, ikan, dan susu yang mengandung protein tinggi. Hindari teh dan kopi karena kadar kafeinnya yang tinggi.

Saat berbuka, mengonsumsi roti tawar, kacang hijau, bubur, dan (khususnya) kurma akan memberikan energi lebih.

Berolahraga

Berpuasa bukan alasan untuk menghentikan rutinitas latihan Anda. Justru dengan tetap berolahraga, tubuh akan terasa lebih bugar dan ringan. Jika merasa lemas, kurangi latihan yang terlalu berat. Berjalan santai di taman juga bisa jadi opsi aman.

 

(FOTO: ANTONIO GUILLEM/SHUTTERSTOCK)

Life & health