Life & health

Penyebab Anda Sering Terbangun di Malam Hari

By : Kiki Riama Priskila - 2016-03-18 11:00:37 Penyebab Anda Sering Terbangun di Malam Hari

Tidur merupakan kegiatan paling menyenangkan untuk dilakukan bagi semua orang. Sayangnya, tidak semua orang bisa menikmati waktu tidurnya karena kerap terbangun di tengah malam. Simak beberapa faktor yang memicu masalah ini.

Stres

Jika pikiran Anda kerap dipenuhi dengan berbagai tekanan menjelang waktu tidur, besar kemungkinan Anda tak akan memiliki momen tidur yang nyaman. Terbangun sesekali di tengah malam bisa disebabkan karena otak Anda masih bekerja. Hindari dengan olahraga yoga atau teknik relaksasi lain.

Meminum Alkohol

Kualitas tidur Anda kemungkinan terganggu setelah Anda meminum alkohol. Meski alkohol sering membuat Anda mengantuk, namun efek tidak nyaman di area tertentu akan terasa di beberapa area setelahnya. Kurangi efek alkohol dengan meminumnya beberapa jam sebelum waktu tidur Anda.

Perubahan Hormon

Masa menstruasi, kehamilan, hingga menopause bisa menjadi faktor pengganggu pola tidur Anda. Bahkan menurut National Sleep Foundation, sekitar 40% orang yang berada dalam masa transisi tahun menopause memiliki masalah tidur.

Suhu Kamar Panas

Salah satu alasan Anda mengalami gangguan tidur bisa jadi karena suhu kamar yang terlalu panas. Jika Anda ingin memiliki kualitas tidur yang baik, siapkan temperatur kamar antara 16-18 derajat Celcius.

Mendengkur

Tahukah Anda bahwa dengkuran tidak menandakan bahwa Anda sedang tidur terlelap. Mendengkur bisa memicu masalah serius jika dibiarkan. Dalam beberapa kasus, mendengkur merupakan gejala awal dari sleep apnea atau gangguan tidur yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi, stroke, hingga jantung.

 

(FOTO: GPOINTSTUDIO/SHUTTERSTOCK)

Life & health