Life & health

Cara Mengatasi Menstruasi yang Tidak Teratur

By : Kiki Riama Priskila - 2016-03-15 06:59:25 Cara Mengatasi Menstruasi yang Tidak Teratur

Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa terjadi karena banyak hal dan kadang dianggap lumrah. Namun tak bisa dipungkiri, hal ini tetap mengkhawatirkan bagi sebagian besar wanita. Atasi menstruasi yang tidak lancar dengan cara berikut.

Konsumsi makanan sehat

Mengonsumsi buah dan sayur dapat membantu produksi hormon menjadi lebih baik. Hindari kebiasaan malas mengonsumsi buah dan sayur agar siklus haid bisa lancar.

Istirahat cukup

Salah satu faktor yang mengganggu jadwal haid adalah jika Anda kurang tidur. Tingkatkan jadwal istirahat Anda dan pastikan waktu tidur Anda cukup.

Berolahraga

Biasanya, haid yang tidak lancar disebabkan karena peredaran darah yang tersumbat. Dengan berolahraga secara teratur, tubuh dilatih untuk terus bergerak sehingga peredaran akan bergerak lancar.

Jaga Berat Badan

Berat badan yang berlebihan bisa mempengaruhi lancar atau tidaknya siklus haid Anda. Bahkan, ada kasus dimana seseorang berhenti mengalami menstruasi hanya karena berat badannya meningkat drastis. Kandungan lemak dalam tubuh bisa menghalangi lancarnya siklus haid.

Hindari diet terlalu ketat

Diet ketat berarti Anda memotong nutrisi yang harusnya masuk ke dalam tubuh. Hal ini menyebabkan kurangnya nutrisi yang mempengaruhi kesuburan serta proses kelancaran menstruasi setiap bulan.

 

(FOTO: GPOINTSTUDIO/SHUTTERSTOCK)

Life & health