Life & health

Wanita Aktif, Cegah Kolesterol Tinggi dari Sekarang!

By : Salsabila Praya - 2016-10-10 04:43:36 Wanita Aktif, Cegah Kolesterol Tinggi dari Sekarang!

Tahukah Anda bahwa kolesterol tinggi tidak hanya dapat menyerang usia lanjut? Dengan gaya hidup yang tidak teratur, ditambah dengan pola makan yang tidak sehat, seperti mengonsumsi makanan bersantan, gorengan, dan makanan berlemak lainnya, Anda pun rentan terkena kolesterol.

 

Kolesterol adalah jenis lemak yang diproduksi di dalam tubuh dan mempunyai fungsi dalam pembentukan sel dan produksi hormon tertentu. Kolesterol tinggi sering terjadi tanpa adanya gejala, meski kadang rasa sakit kepala atau pusing, rasa pegal di belakang leher atau tengkuk menjalar ke pundak sampai punggung, dan rasa kesemutan pada ujung-ujung jari tangan. Perlu Anda ketahui juga bahwa, secara umum kadar kolesterol pada pria dan wanita hampir sama, hanya berbeda pada kadar HDL. Untuk pria mau pun wanita kadar kolesterol total <200 mg/dl, LDL dan Trigliserida <150 mg/dl, dan HDL pada pria >55 mg/dl, pada wanita >65 mg/dl.

 

Masih ingat dengan “Tanya Dokter Ahli seputar Kolesterol” yang diadakan oleh Combiphar dan herworld.co.id beberapa waktu lalu? Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan olehparticipantke Dokter Carlinda Nekawaty.

 

May Susanti

Q:Apakah susu Apta+ Kolesfit efektif bila dikonsumsi wanita menopause yang mengalami kolesterol tinggi dan osteoporosis? Adakah pengaruh terhadap keseimbangan hormonnya?

Dokter Ahli (DA): Produk susu Apta+ Kolesfit mengandung komposisi beta glucan yang sudah terbukti dan teruji dapat membantu menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan tulang. Mengenai keseimbangan hormon, saya belum dapat memastikan apakah kandungan susu ini mempengaruhi atau tidak. Namun, jika dilihat dari komposisinya, kemungkinan tidak ada yang mempengaruhi keseimbangan hormon.

 

Anita Sianipar

Q: Apakah obat kolesterol wajib diminum seumur hidup? Karena saya dan orangtua hanya mengonsumsi obat kolesterol dengan merek l*v*** hanya saat leher sedikit pegal. Apakah ada efek samping apabila kita tidak rutin mengonsumi obat kolesterol?

DA: Obat anti kolesterol berbahan kimia baik dikonsumsi saat kolesterol lebih dari normal. Dan dosisnya perlahan diturunkan bahkan dapat diberhentikan jika kadar kolesterol sudah stabil. Efek samping yang paling sering ditimbulkan adalah jika digunakan dalam jangka panjang dan tidak sesuai dengan anjuran dokter. Jadi disarankan untuk tidak mengonsumsi obat anti kolesterol tidak dengan petunjuk dokter.

 

Juanita Wahyuni

Q:Apa saja gejala kolesterol? Sesignifikan apa susu Apta+ Kolesfit menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh?

DA: Kolesterol tinggi sering terjadi tanpa adanya gejala, namun gejala yang sering timbul pada beberapa orang adalah rasa sakit kepala/pusing, rasa pegal di belakang leher/tengkuk yang menjalar ke pundak sampai punggung, dan rasa kesemutan pada ujung-ujung jari tangan. Susu Apta+ Kolesfit memiliki kandungan beta glucan yang sudah terbukti dan teruji dalam beberapa penelitian mampu membantu menurunkan kolesterol dalam darah dengan mekanisme kerja pada metabolisme kolesterol dalam hati.

 

Lilywati

Q: Apa saja gejala awal kolesterol? Selain menjaga pola makan dan gaya hidup, makanan atau buah apa yang paling cepat menurunkan kolesterol? Dan makanan apa yang tidak boleh dikonsumsi oleh orang penderita kolesterol tinggi?

DA: Kolesterol tidak selalu menimbulkan gejala, namun gejala yang sering timbul adalah rasa sakit kepala yang disertai dengan rasa pegal di belakang leher/tengkuk yang kadang menjalar sampai pundak dan daerah punggung serta adanya rasa kesemutan di ujung-ujung jari tangan. Makanan atau buah tidak ada yang secara spesifik menurunkan kolesterol, namun ada beberapa makanan yang membantu menjaga kolesterol diantaranya ikan salmon, ikan tuna, ikan kembung, ikan sarden, kacang-kacangan, dan buah alpukat. Makanan yang perlu dihindari adalah makanan cepat saji, minyak kelapa yang digunakan berkali-kali, susu full cream, dan makanan bersantan.

 

Hanna S

Q: Dok, ibu saya umur 58 tahun dan menderita kolesterol lebih dari 7 tahun. Pertanyaannya apakah ini bersifat genetis dan bisa menurun ke saya? Apakah penyakit ini bisa disa disembuhkan atau setidaknya bagaimana cara mencegah kolesterol?

DA: Secara medis, kolesterol bukan penyakit yang dapat dikatakan sembuh maupun kambuh, namun kolesterol merupakan suatu tanda/ciri dan faktor risiko terjadinya suatu penyakit misalnya jantung. Kolesterol dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antara faktor keturunan, faktor pola makanan dan gaya hidup. Sehingga jika Ibu Anda mengalami kolesterol tinggi kemungkinan akan menurun kepada Anda, namun hal tersebut belum dapat dipastikan dengan menjaga pola makan dan menjalani pola hidup sehat.

 

Gaya hidup dinamis menyebabkan penyakit kronis semakin mudah menyerang dan dapat memicu masalah kolesterol tinggi. Apta+ Kolesfit adalah solusi tepat untuk membantu mencegah kolesterol tinggi dalam tubuh. Susu berkalsium tinggi ini, mengandung Beta Glucan, Omega (3 & 6) serta rendah lemak jenuh dan bebas lemak trans sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

 

Apakah Andapernah mengalami hal-hal seperti pada artikel di atas? Berikan bintang untuk artikel & comment. Dapatkan produk Susu Apta+ Kolesfit dari Combiphar untuk 5 orang terpilih!

Life & health