Life & health

Makanan Ini Bisa Bangkitkan Rasa Bahagia

By : Kiki Riama Priskila - 2015-08-21 05:40:26 Makanan Ini Bisa Bangkitkan Rasa Bahagia

Selain mendengarkan musik, makan adalah kegiatan yang paling umum dilakukan saat dilanda suasana hati buruk. Jika Anda takut berat badan Anda naik karena sering ngemil saat bad mood, beberapa makanan di bawah ini bisa jadi alternatif untuk meredakan suasana hati Anda.

Pisang. Selain kaya potasium, pisang juga memiliki kandungan tryptophan, asam amino yang membantu otak menghasilkan serotonin untuk menstabilkan mood secara alami. Pisang juga mengandung vitamin B folat yang berguna mencegah depresi.

Buah berries. Rasa tertentu dalam buah berry memiliki kemiripan dengan asam valproic yang terkandung dalam obat-obatan yang menstabilkan mood.

Quinoa. Tak hanya sebagai makanan diet yang kaya protein, serealia yang sedang naik daun ini juga memiliki kandungan antidepresan bernama quercetin, menurut studi di Journal of Neuropharmacology.

Salmon. Kaya kandungan asam lemak omega-3 membuat salmon juga menjadi salah satu makanan yang dijamin dapat meningkatkan mood Anda.

Tiram (oysters). Kekurangan zinc adalah salah satu faktor munculnya perasaan gelisah (anxiety). Tenangkan diri Anda dengan asupan makanan kaya zinc seperti tiram.

Cokelat hitam. Who doesn’t love chocolate? Cemilan lezat sekaligus sehat ini sudah lama diketahui sebagai pemicu produksi hormon endorfin untuk membuat mood lebih baik dan mengurangi kadar hormon cortisol dalam tubuh saat stres melanda.

Kunyit (turmeric). Bumbu dapur yang sangat mudah didapatkan di Indonesia ini juga dapat membuat Anda lebih bahagia karena kandungan curcumin di dalamnya mampu memperbaiki mood dan melawan depresi.

Green tea. Secangkir teh hijau mengandung theanine yang dapat menenangkan pikiran Anda sekaligus meningkatkan konstentrasi dan fokus.

Kacang-kacangan. Kekurangan magnesium bisa mengakibatkan kurangnya energi, dan mempengaruhi mood. Makanan kaya magnesium seperti kacang-kacangan akan membuat energi tidak cepat habis.

Apel. Selain sebagai sumber antioksidan, memakan apel juga dapat menciptakan efek menenangkan dan meningkatkan energi.

Bayam. Makanan favorit Popeye ini memiliki kandungan asam folic yang meredakan depresi serta melawan kelelahan.

Jamur. Kaya akan vitamin D membuat jamur dapat menjadi alternatif makanan untuk melawan depresi.

Kopi. Dengan dosis secukupnya, kopi juga dapat membantu mood Anda menjadi lebih baik dan mencegah depresi.

 

(TEKS: DEBORA TOBING / FOTO: DOK. HER WORLD)

Life & health