Life & health

Tips Mencegah Keringat Berlebih

By : Kiki Riama Priskila - 2015-08-09 09:45:24 Tips Mencegah Keringat Berlebih

Berkeringat adalah reaksi yang wajar saat cuaca panas, namun keringat berlebihan tentu bukan sesuatu yang menyenangkan di situasi di mana Anda dituntut untuk tampil prima. Inilah tips mencegah keringat berlebih.

1. Hindari makanan pedas. Zat capsaicin menimbulkan rasa pedas dan panas ketika kita memakannya, sehingga memicu kelenjar keringat bereaksi mendinginkan tubuh.

2. Pilih baju yang menyerap keringat. Bahan katun atau sutra dapat menyerap keringat dengan baik sehingga suhu tubuh tetap terjaga.

3. Kurangi kafein. Selain makanan pedas, kafein juga merupakan salah satu pemicu keringat. Jika Anda tidak bisa melalui hari tanpa kopi, pilihlah iced coffee agar tubuh Anda tidak berkeringat terlalu banyak.

4. Gunakan jus lemon. Alternatif alami untuk mencegah keringat berlebih adalah dengan menggunakan perasan air lemon sebelum tidur. Usapkan perasan air lemon ke ketiak Anda sebelum tidur untuk mengurangi keringat.

5. Kurangi konsumsi garam. Selain makanan pedas dan kafein, makan makanan dengan garam berlebihan seperti fast food dapat membuat Anda berkeringat, karena tubuh bekerja keras mengeluarkan sodium berlebih. So, skip the burger, and go for the low-sodium soy.

6. Shave yourself. Keringat lebih banyak terjadi di area tubuh yang berambut paling banyak, seperti ketiak, kaki, dan private parts. Rajin-rajinlah mencukur rambut di area tersebut untuk mengurangi keringat.

7. Usapkan deodoran lebih dari sekali. Banyak orang yang menggunakan deodoran saat sebelum beraktivitas saja, padahal tidak. Gunakan deodoran saat makan siang agar ketiak Anda tetap kering hingga usai bekerja. Kelenjar keringat paling sedikit beraktivitas saat malam, untuk itu mengusapkan deodoran sebelum tidur juga bisa dilakukan untuk mencegah produksi keringat berlebih.

8. Stay calm. Keringat berlebihan memang membuat stres, tapi bisa juga diakibatkan oleh situasi penuh tekanan di sekitar Anda. Setiap hari, ambillah waktu sejenak untuk menenangkan diri dengan bermeditasi. Latihan pernapasan dari meditasi akan membuat Anda lebih tenang dan mengurangi produksi keringat Anda.

 

(TEKS: DEBORA TOBING / FOTO: DOK. BERBAGAI SUMBER)

Life & health