Life & health

Memilih Style Yoga yang Tepat untuk Anda

By : Kiki Riama Priskila - 2015-08-08 11:19:19 Memilih Style Yoga yang Tepat untuk Anda

Hatha yoga adalah jenis yoga yang mengutamakan physical practice dan menggunakan kombinasi postur tubuh (asana), pernapasan (pranayama), dan meditasi (dyana) untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran Anda. Yoga jenis ini cocok untuk Anda yang baru ingin memulai yoga.

Vinyasa yoga sering juga disebut flow yoga karena alur di antara tiap gerakan yang mengalir. Pernapasan menjadi hal yang penting saat berlatih yoga tipe ini, karena gerakan-gerakannya berjalan seiring dengan pernapasan. Jika Anda ingin berkeringat ketika melakukan yoga, maka yoga tipe ini akan sangat cocok untuk Anda.

Bikram yoga adalah yoga yang “panas”, dalam artian yoga tipe ini dilakukan di dalam ruang sauna dengan suhu 40 derajat Celsius dan kelembapan 40%. Suhu yang tinggi membuat Anda dapat melakukan stretching dengan lebih baik, membangun stamina, sekaligus membuang racun dalam tubuh melalui penguapan yang intens. Yoga tipe ini tidak direkomendasikan untuk wanita hamil, dan bagi yang memiliki masalah jantung harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Yin adalah yoga yang menggunakan tradisi Tao dan berfokus pada otot pinggul, pelvis, dan punggung bawah. Anda butuh kesabaran jika ingin berlatih yoga tipe ini karena tiap gerakan biasa berlangsung mulai dari satu hingga 20 menit. Yoga tipe ini cocok untuk Anda yang ingin menenangkan pikiran dengan meditasi sekaligus meredakan stress pada bagian tubuh yang terlalu banyak bekerja.

Iyengar yoga adalah bentuk dari Hatha yoga, di mana Anda diajarkan bahwa ada cara yang benar untuk setiap gerakan. Yoga tipe ini sangat bergantung dari penggunaan properti seperti kursi, straps, dan harnesses untuk mencapai pose gerakan ideal. Latihan yoga jenis ini pas untuk para praktisi yoga non-pemula, namun bagi para pemula, latihan jenis ini cocok untuk memahami postur-postur dasar yoga.

Jock yoga asal Kanada adalah power style yoga yang berfokus pada strength, endurance, dan flexibility. Gerakan-gerakannya yang menguras stamina dipadu dengan musik kontemporer bertujuan untuk “membuka” otot-otot yang kaku. Bagi Anda yang ingin menambah kekuatan otot, yoga tipe ini sangat direkomendasikan.

Restorative yoga akan membuat Anda rileks dengan pose yang ditahan selama 20 menit dengan bantuan bantal. Jenis yoga meditatif seperti ini sangat membantu orang-orang yang sedang dalam proses penyembuhan penyakit, termasuk trauma emosional.

Ashtanga adalah praktik yoga jenis Vinyasa dengan enam pose yang dipraktikkan bergantian seiring dengan pernapasan. Untuk para pemula yang ingin mencoba yoga tipe ini, mulailah dari kelas yoga yang alurnya lebih lambat untuk memahami dasar-dasarnya.

Prenatal yoga cocok bagi para ibu hamil maupun usai melahirkan. Gerakan-gerakan yoga yang sebagian besar terdiri dari stretching dan pernapasan ini akan membantu Anda baik di tahap-tahap kehamilan maupun sebelum melahirkan. Jika Anda belum pernah melakukan yoga sebelumnya, sebaiknya menunggu sampai trimester kedua untuk memulai prenatal yoga, agar terhindar dari rasa mual dan pusing.

Jivamukti yoga yang berarti “kebebasan selama hidup” terdiri dari gerakan-gerakan yang menantang secara fisik maupun intelektual, dengan themed classes yang sering termasuk chanting, musik, dan scripture reading. Selain untuk workout, yoga jenis ini juga mendorong praktisinya untuk mengaplikasikan filosofi yoga di kehidupan mereka.

Selamat berlatih!

 

(TEKS: DEBORA TOBING / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Life & health