Life & health

9 Tanda Menopause Dini

By : Monadisa Utami Dewi - 2015-03-04 13:02:58 9 Tanda Menopause Dini

1. Kekeringan Vagina

Jika siklus hormonal Anda normal, vagina Anda tentunya akan selalu terlumasi. Namun Jika dalam tempo yang lama vagina Anda kering, kemungkinan besar Anda mendekati masa menopause.

2. Sensasi Terbakar

Sensasi seperti ini adalah sensasi umum setiap orang ketika mereka mendekati masa menopause, biasanya terjadi di sekitar wilayah telinga.

3. Perubahan Suasana Hati

Ketika akan mendekati masa menopause, suasana hati Anda mendadak akan naik turun. Bisa jadi Anda akan mudah emosi, sedih berlebihan, dan merasa tertekan. Bahkan pada sejumlah orang ada kecendrungan untuk melakukan bunuh diri.

4. Perubahan Pola Tidur

Beberapa wanita yang akan menopause akan mengeluhkan gangguan susah tidur yang berefek pada suasana hati dan produktivitas kerja yang menurun.

5. Gairah Seks yang Rendah

Di rentang usia 20 hingga 30an, dorongan seksual seorang wanita harusnya sedang berada di puncaknya. Namun jika hal itu meredup, kemungkinan Anda mendekati masa menopause.

6. Menstruasi tidak terartur

Saat mendekati masa menopause, siklus menstruasi seorang wanita akan tiba-tiba terganggu. Segera periksakan ke dokter.

7. Rendah Kalsium

Ketika tingkat estrogen berkurang dalam tubuh, tulang mulai kehilangan kalsium. Jadi jika Anda mengalami sakit sendi atau tulang yang lemah, itu bisa berarti masa menopause sedang mendekati Anda.

8. Jantung Terganggu

Hormon reproduksi wanita melindungi jantung dari kerusakan. Ketika masa menopause sudah dekat, kondisi itu akan mulai mempengaruhi kesehatan jantung.

9. Infertilitas

Jika kadar hormon dan menstruasi menjadi tidak teratur, Anda akan memiliki kesulitan untuk hamil. Infertilitas atau ketidaksuburan menjadi hal yang umum di antara wanita yang mendekati menopause dini.

 

(TEKS: MONADISA UTAMI DEWI / FOTO: DOK. HER WORLD)

Life & health