Life & health

Menikmati Pertunjukan Tarian 'Lelangen Beksan'

By : Dian Sarwono - 2015-11-05 05:24:14 Menikmati Pertunjukan Tarian 'Lelangen Beksan'

Galeri Indonesia Kaya (GIK) bekerja sama dengan Sanggar Tari Padnecwara menyelenggarakan sebuah pertunjukan tari Jawa klasik bertema 'Lelangen Beksan' hari Sabtu, 31 Oktober kemarin. Pertunjukan tari yang bertempat di GIK, West Mall Grand Indonesia Shopping Townlantai 8 ini menampilkan elemen lintas generasi, dengan prinsip kembali ke mata air, kembali ke tradisi dan menggali kemurnian melalui seni.

Acara tersebut dimulai dengan tarian Sekar Puri; ciptaan Retno Maruti, pembina sanggar tari Padnecwara, yang menceritakan tentang seorang wanita yang gemulai nan cekatan. Tarian Eko Prawiro lanjut dibawakan, bercerita tentang keperkasaan seorang prajurit yang berlatih kanuraga untuk menjaga keutuhan negara; hasil ciptaan S. Maridi. Pertunjukan lalu dilanjutkan dengan Tarian Catur Sagatra dan Satguna Retna.

Pertunjukan tari ini mengajak generasi muda untuk mencintai dan bangga terhadap tari Jawa klasik. Tari Jawa ini seperti yang diketahui, tak hanya diminati oleh masyarakat dalam negeri, namun juga luar negeri. Pesan moral pertunjukan tari 'Lelangan Beksan' adalah agar generasi muda tetap semangat dan giat menekuni tari-tari tradisional agar kesenian lokal dapat tetap terjaga.

 

(TEKS: NADINE SALSABILA / FOTO: DOK. GALERI INDONESIA KAYA)

Life & health