Life & health

Bisakah Orang Introver Sukses di Tempat Kerja?

By : Monadisa Utami Dewi - 2015-01-13 09:04:03 Bisakah Orang Introver Sukses di Tempat Kerja?

Berdasarkan buku Quit: The Power of Introvert in a World That Can't Stop Talking oleh Susan Cain, seseorang berkarakter introver dominan mendapatkan energi dari kesendiriannya, dia seorang pendengar yang baik, berpikir hati-hati sebelum bicara atau bertindak, dan lebih mengungkapkan perasaan lewat tulisan daripada berbicara. Sering kali pemimpin yang kuat digambarkan sebagai laki-laki yang agresif dan dominan, seperti Donald TrUmph. Akibatnya, reputasi dan status kepemimpinan orang introver kurang dihargai. Berikut tiga langkah agar orangt-orang introver dapat menyorot bakat meeka demi kemajuan karier.

  • Berusaha merasa nyaman membicarakan prestasi dan kelebihan diri. -> Ceritakan kontribusi pada kesuksesan yang pernah Anda capai. Atau, ceritakan pemikiran proyek yang sedang dikerjakan pada rekan kerja.
  • Kenali kekuatan yang bisa digali dan manfaatkan sebagai promosi diri. -> Mendengarkan, fokus, membuat kedekatan personal, introspeksi, dan membangun perasaan aman adalah kemampuan para pemimpin introver yang dapat meningkatkan transparasi dan komunikasi.
  • Fokus pada kemampuan dalam mendengarkan. -> Jika sifat introver lebih dominan, Anda cenderung menjadi seorang pendengar yang baik, salah satu sifat berharga yang dimiliki seorang pemimpin. Orang introver menyerap informasi dan mempertimbangkan segala hal sebelum mengambil tindakan.

 

(TEKS: WINDRATIE / FOTO: DOK. HER WORLD)

Life & health