Life & health

Penting! Perencanaan Keuangan Bagi Si Lajang

By : Anggita Dwinda - 2014-05-02 09:05:22 Penting! Perencanaan Keuangan Bagi Si Lajang

Lacak Pengeluaran

Mungkin ini akan sedikit merepotkan bila Anda termasuk tipe lajang super sibuk. Tapi meluangkan waktu setiap bulan untuk melacak ke mana saja pengeluaran Anda pergi merupakan langkah awal dari perencanaan finansial. Buatlah daftar untuk setiap pengeluaran, meskipun hanya sekadar membeli sabun atau tabloid di jalan. Dengan demikian Anda telah memegang kendali atas keuangan Anda.

Dana Darurat

Belum banyak orang yang familiar dengan dana darurat. Padahal dana darurat sangat berguna di saat tak terduga seperti PHK atau sakit. Menyiapkan dana darurat sebenarnya mudah: buatlah satu rekening baru yang terpisah dari rekening Anda yang biasa. Tiap bulan, alokasikan sebagian pendapatan Anda ke rekening dana darurat tersebut. Bila perlu "lupakan" bahwa Anda memiliki rekening tersebut, tapi tentunya jangan lupa diisi. Dengan demikian dalam keadaan darurat Anda tak perlu panik lagi.

Hutang Menghantui Masa Depan

Pastikan untuk selalu menyelesaikan tagihan Anda. R.K. Hammer, konsultan kartu kredit mengatakan bahwa pada tahun 2009, 15 persen orang Amerika terlambat melakukan pembayaran kartu kredit; 8 persen bahkan tidak melakukan pembayaran sepenuhnya. Hal yang patut diwaspadai adalah jika Anda masuk ke daftar hitam bank karena tidak membayar tagihan. Sebab ke depannya Anda akan kesulitan melakukan pinjaman di bank dalam bentuk apa pun, meski tagihan sudah dilunasi sekalipun.

Dana Pensiun

Kini banyak bank yang memiliki program dana pensiun dengan berbagai kemudahan dan keuntungan tambahan untuk nasabahnya. Anda dapat memulainya dengan menyimpan setiap 15 persen dari pemasukan setiap bulan. Mungkin Anda akan sulit membayangkan bagaimana hari tua Anda nantinya di saat Anda masih dalam usia produktif. Namun tak ada salahnya jika Anda mulai mempersiapkan tabungan dana pensiun.

Asuransi

Kebanyakan perempuan lajang merasa tidak butuh asuransi karena merasa belum memiliki tanggungan. Well, Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di depan. Bila Anda sudah bekerja, biasanya asuransi kesehatan Anda sudah ditanggung oleh pihak kantor. Berbeda dengan asuransi jiwa yang harus Anda buat sendiri. Para ahli mengatakan bahwa seorang lajang sebaiknya memiliki asuransi sebesar enam hingga sepuluh kali gaji.

 

(TEKS: CINDY EGIFANIA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Life & health