Life & health

Hindari Perkataan Ini dari Atasan

By : Andhini Puteri Lestari - 2014-04-11 09:03:01 Hindari Perkataan Ini dari Atasan

"Tidak, Anda salah!"

Bukannya kami menginginkan Anda untuk menuruti setiap keinginan atasan dan menolak untuk mengatakan "Tidak", tapi akan lebih baik jika Anda tetap menghargai ide dan keyakinannya dengan melakukan apa yang ditugaskan pada Anda. Namun, jika Anda merasa keberatan dan memiliki alasan kuat untuk tidak melakukannya, bicarakan secara sopan pada atasan. Kami percaya mereka pasti akan menghargai kejujuran Anda.

"Bukan hanya saya yang salah, dia juga!"

Jika Anda melakukan kesalahan, terimalah teguran dari atasan secara sportif. Tak perlu bersikap defensif dan mencari-cari alasan yang tak masuk akal untuk membenarkan sikap Anda, terutama jika harus melaporkan rekan kerja lain. Satu hal kecil yang perlu Anda lakukan adalah meminta maaf dan segera memperbaikinya.

"Saya lupa."

Bila Anda kerap memberi alasan seperti ini saat tak mampu menyelesaikan tugas tepat waktu, percayalah bahwa karier Anda akan semakin cepat... terjun ke jurang. Alasan ini tak akan mampu mengulur waktu kerja. Jika Anda memang tidak bisa menyelesaikan tugas tersebut, siapkan rencana cadangan dan informasikan pada atasan.

"Ini bukan job desc saya!"

Anda berhak menolak permintaan atasan jika Anda sudah memiliki terlalu banyak pekerjaan atau merasakan hasilnya tidak maksimal. Kemungkinan terbesarnya, atasan memberikan tugas tambahan agar Anda bisa memperluas kemampuan dan pengetahuan di bidang yang lain. Ia mungkin yakin akan kemampuan Anda menyelesaikan tugas tersebut. Jadikanlah pekerjaan itu sebagai tantangan dan bukan ancaman.

 

(TEKS: KIKI RIAMA PRISKILA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Life & health