Life & health

5 Tip Menabung di Tahun 2015

By : Dian Sarwono - 2014-12-31 09:49:20 5 Tip Menabung di Tahun 2015

Atur Anggaran

Percayalah, Anda tak mungkin bisa menyimpan uang jika Anda sendiri tak sadar berapa banyak yang dikeluarkan. Sebelum memulai niatan untuk menabung, gunakan waktu satu minggu untuk memantai setiap sen pengeluaran Anda.

Menjual barang yang tak diperlukan

Cara tercepat untuk menghasilkan uang adalah dengan menjual barang-barang yang tidak dibutuhkan. Adakan garage sale, jual perangkat elektronik Anda di situs terpecaya atau jual buku-buku lama di toko bekas.

Jangan sepelekan asuransi

Mungkin Anda tak pernah menganggap asuransi kesehatan sebagai sesuatu yang serius, terutama jika Anda hanya pergi ke dokter beberapa keali setiap tahunnya. Namun, sebuah penelitian dari Harvard University menemukan bahwa hampir sebagian besar alasan hancurnya finansial seorang diakibatkan oleh tingginya pengeluaran medis.

Menabung lewat tagihan listrik

Anda bisa menghemat hingga 30% dari tagihan listrik setiap bulannya. Mulailah berinvestasi dengan membeli lampu LED (memiliki daya tahan yang lebih lama, hemat listrik, dan ramah lingkungan) dibanding lampu pijar, menggunakan air dingin untuk cucian, dan mencabut semua kabel saat listrik tak digunakan.

Usahakan untuk lebih spesifik

Daripada Anda bersumpah (yang kemudian gagal) untuk mengeluarkan sedikit uang, lebih baik fokuskan pada apa yang sebenarnya akan Anda potong. Apakah Anda akan mulai membawa bekal dari rumah daripada harus makan siang di luar? Apakah Anda akan menghentikan keanggotaan gym yang mungkin tak pernah Anda datangi? Dengan memberikan petunjuk-petunjuk untuk diri Anda (dan tentu mengikutinya) akan membuat “kontes” menabung ini sukses.

 

(TEKS: KIKI RIAMA PRISKILA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Life & health