Life & health

5 Manfaat Stretching

By : Anggita Dwinda - 2014-12-10 06:01:07 5 Manfaat Stretching

Sebuah studi dari University of Illinois, AS, menemukan bahwa ketika orang berusia lanjut mengikuti program peregangan tubuh, kepercayaan diri mereka akan meningkat. "Stretching menghasilkan dopamine, yang membuat orang bahagia dan memiliki pandangan lebih positif tentang dunia pada umumnya," jelas Dr. Simon Floreani, chiropractor dan Ambassador for Allied Health and Prevention. 

Berikut lima manfaat yang bisa Anda dapatkan dari stretching:

  • Mengobati PMS

Perempuan yang mengalami sindrom PMS seperti rasa nyeri, mood yang tidak stabil, serta perut kembung, telah melaporkan adanya manfaat yang dirasakan tubuh mereka setelah menjalani sesi yoga stretching. Penyebabnya sendiri masih belum diketahui, tapi menurut peneliti Dr. Ratna Sharma, setelah melaksanakan satu sesi yoga, penderita PMS mengalami penambahan kuota allopregnanolone - sebuah anti-depressant alami - dalam tubuh mereka.

  • Waktu berolahraga bertambah

"Stretching melenturkan otot-otot dan tendon, sehingga mengurangi rasa letih yang dialami otot," jelas Floreani. "Seiring dengan bertambahnya usia, semakin banyak kita menghabiskan waktu dengan duduk di meja kerja atau sofa, dan fleksibilitas tubuh pun berkurang. Dengan stretching, kita seakan 'membangunkan' area otot tubuh yang selama ini kurang aktif dan mengingatkan mereka bahwa ini saatnya bagi mereka untuk bekerja." Plus, dengan bertambahnya waktu olahraga Anda, semakin banyak pula kalori yang dibakar!

  • Berkurangnya rasa lelah

"Ketika otot-otot tidak bergerak, darah pun akan menumpuk di area otot sehingga Anda akan lebih mudah merasa lelah," demikian ungkap Floreani. Begitu Anda bergerak, maka Anda akan memelihara otot dan memperbaiki level konsentrasi Anda karena sirkulasi darah lebih lancar dan menuju otak. Cukup dengan menjauh dari meja kerja Anda selama 20 menit, maka Anda akan mengurangi rasa lelah di tubuh.

  • Tidur lebih berkualitas

Rajin meregangkan tubuh di pagi hari ditambah dengan exercise ringan terbukti membantu Anda untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas di malam harinya.

  • Jarang mendapatkan cedera

"Stretching mengingatkan otak Anda seberapa lama atau seberapa banyak otot-otot Anda seharusnya bekerja saat Anda berolahraga," kata Floreani. Setelah stretching selama 10 menit sebelum berolahraga, Anda akan memiliki koordinasi yang lebih baik sehingga semakin kecil kemungkinan otot Anda rusak atau putus.

 

(TEKS: ANGGITA DWINDA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Life & health