Life & health

Jenis Yoga yang Tepat untuk Anda

By : Anggita Dwinda - 2014-12-08 06:08:31 Jenis Yoga yang Tepat untuk Anda

  • FOR THE NEWBIE

Coba: Hatha Yoga

Sebagai salah satu jenis yoga paling populer untuk para pemula, hatha terdiri dari asanas (berbagai gerakan peregangan) yang pada awalnya mungkin akan sedikit sulit untuk dilakukan, namun bila disertai dengan latihan yang teratur maka akan jadi lebih mudah. Fokus dari hatha ada pada pengaturan pernapasan untuk menambah kadar oksigen yang beredar dalam tubuh agar membuat Anda relaks, dan berfungsi sebagai bentuk meditasi dan refleksi diri. Hatha juga bisa menambah fleksibilitas dan kekuatan tubuh, serta membantu Anda untuk tetap relaks saat dilanda stres.

  • FOR THE CARDIO JUNKIE

Coba: Vinyasa Yoga

Jenis yoga ini merupakan "tahap lanjutan" dari hatha - tidak ditujukan untuk pemula - dan bisa dibedakan dari tiga hal. Pertama, fokusnya kali ini terdapat di gerakan antara asanas dan menyelaraskan napas Anda dengan tiap gerakan. Kedua, transisi dari sebuah gerakan ke gerakan lain sedikit lebih cepat, bahkan tak jarang ada gerakan melompat. Ketiga, asanas tidak mengikuti urutan tertentu, Yang pasti, Anda akan berkeringat.

  • FOR TYPE A PERSONALITIES

Coba: Hot Yoga

Suhu ruangan yang panas membuat Anda berkeringat dan bertanya-tanya berapa lama lagi Anda bisa menahan posisi saat ini, tapi Anda tetap bertahan karena menyukai tantangan yang diberikan. Hot yoga meliputi berbagai jenis yoga, layaknya hatha dan vinyasa. dan dilakukan dalam ruangan dengan suhu antara 38-30 derajat Celsius. Sesuai menjalani sesi hot yoga, Anda akan merasa lebih segar dan kembali berenergi karena keringat membantu menetralkan racun tubuh dan memperlancar peredaran darah.

  • FOR THE BEACH LOVER

Coba: Stand-up Paddle Yoga

Sesuai dengan namanya, Anda melakukan setiap gerakan - dimulai dari pemanasan hingga savasana, posisi istirahat di akhir sesi - tepat di lepas pantai, di bagian dangkal dari laut. Di papan dayung dipasangkan jangkar, sehingga Anda tidak terbawa arus. Meski demikian, karena arus ombak akan membuat papan dayung terombang-ambing, otot inti dan punggung Anda akan bekerja untuk menstabilkan diri sembari menahan posisi. Jika Anda bukan perenang terbaik di dunia, tidak usah khawatir - ketinggian air hanya mencapai sekitar 1,3m - 2m.

 

(TEKS: RUBY TAN & ANGGITA DWINDA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Life & health