Life & health

Tip Memulai Bisnis Online

By : Kiki Riama Priskila - 2014-12-03 06:32:35 Tip Memulai Bisnis Online

2 W + 1 H MEMULAI BISNIS

Sebelum memulai bisnis melalui website atau media sosial, ikuti pedoman dasar bisnis Anda.

Tentukan Why

Ketahui mengapa Anda ingin berbisnis sekarang, semisal karena ingin mendapatkan uang tambahan, atau ingin segera independent dan tidak hanya mengandalkan gaji. Semakin jelas poin WHY, maka Anda semakin mempunyai power untuk konsisten menjalankan bisnis. Tuliskan WHY Anda, agar Anda bisa terhubung lagi dengan WHY tersebut saat mengalami kendala dalam menjalankan bisnis.

Miliki Kejelasan What

Yang perlu diklarifikasi tentang WHAT Anda adalah:

  • Siapa target pembeli Anda

Klarifikasi profil calon pembeli. Buatlah kriteria spesifik siapa pembeli Anda. Umumnya, ketika ingin memulai bisnis online, sudah ada gambaran produk atau servis yang ingin ditawarkan, dari sini Anda bisa mengidentifikasi profil target market.

Lakukan riset pasar untuk mendapatkan gambaran market. Berapa besar pasarnya, seberapa besar tingkat kompetisinya, dan siapa saja kompetitor Anda. Cari apa kelebihan produk Anda dibandingkan kompetitor tersebut. Misalnya: setelah mempelajari kompetitor, Anda memutuskan bahwa kelebihan produk Anda adalah delivery yang sangat cepat, bisa jadi target market Anda adalah orang-orang yang berjarak 2 km dari lokasi Anda.

  • Finansial

Tentukan berapa target keuangan yang ingin dicapai, berapa omzetnya dan diperlukan berapa customer untuk mencapai target tersebut.

How To

Setelah menemukan "WHY" dan "WHAT", Anda berpotensi lebih baik untuk menentukan "HOW TO". Jika mengikuti langkah di atas, saat ini mungkin mulai terpikir hal-hal seperti: nama online shop Anda (berdasarkan kata kunci dan riset). Lalu isi konten apa yang menarik target market Anda, dan Anda bisa mulai memutuskan bagaimana atau seberapa sering Anda akan meng-update konten. Foto dan gambar yang menarik adalah kunci utama untuk menarik perhatian pembeli.

 

(TEKS: ANDHINI PUTERI LESTARI / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Life & health