Life & health

Tip Siapkan Dana Darurat

By : Kiki Riama Priskila - 2014-11-27 10:00:29 Tip Siapkan Dana Darurat

Managing Your Financial

Mulailah membuat rincian pengeluaran wajib yang akan Anda keluarkan setiap bulannya. Pastikan tidak ada satu pun yang terlewat, seperti tagihan kartu kredit, asuransi, cicilan mobil, tagihan internet, pajak, hingga biaya hiburan.

Make Average

Coba lihat kembali pengeluaran Anda tiga sampai empat bulan sebelumnya, dengan begini Anda bisa menghitung rata-rata pengeluaran setiap bulan dan membantu Anda menentukan besarnya dana darurat yang harus disiapkan.

Based on Living Cost

Jumlah dana darurat ini biasanya berkisar antara tiga sampai enam kali lipat dari biaya hidup Anda setiap bulannya. Jika pengeluaran Anda setiap bulan adalah Rp3 juta, maka dana darurat yang harus Anda siapkan berkisar antara Rp9-Rp18 juta.

Protect your fund

Jangan tergoda menggunakan dana darurat untuk keperluan sehari-hari. Yakinkan diri bahwa dana ini disiapkan untuk kebutuhan lain yang lebih darurat.

Evaluating

Sudah matang dengan perencanaan keuangan, tapi belum lengkap rasanya jika tidak dilanjutkan dengan evaluasi. Ini akan memudahkan Anda untuk merevisi anggaran dana darurat apakah sudah cukup untuk menyelamatkan Anda di saat kritis atau perlu ditambah lagi.

 

(TEKS: TIKA SYLVIA UTAMI / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Life & health