Life & health

5 Jenis Superfood Baru

By : Kiki Riama Priskila - 2014-11-05 11:24:05 5 Jenis Superfood Baru

BLACK BELUGA LENTIL

Jenis tanaman polong-polongan ini tinggi akan zat besi, serat, dan vitamin B, yang dapat membantu menurunkan kolesterol, meningkatkan fungsi imun, dan mendukung sistem syaraf dan pencernaan. Bagian terbaiknya adalah, ia mengandung anthocyanins yang diketahui dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, ucap Fahma Sunarja, ahli gizi senior dari Parkway Cancer Centre, Singapura. Sebagai tambahan, anthocyanins telah terbukti secara efektif dalam memerangi peradangan, kanker, dan penyakit jantung.

Eat it: Gunakan dalam sup, salad, dan bisa juga sebagai pengganti menu makanan yang menggunakan biji-bijian.

BUAH DELIMA

Selain memiliki kandungan asam ellagic yang tinggi - salah satu antioksidan ampuh, buah delima juga megandung polifenol, yang merupakan penghambat utama untuk menghentikan proses sintesis hormon estrogen. Hal ini yang kemudian dapat mengurangi risiko kanker payudara akibat hormon estrogen yang responsif, ujar Fahma. Buah ini juga yang mengandung anthocyanins.

Eat it: Dapat dikonsumsi dengan dijadikan jus, atau dicampurkan dalam salad dan hidangan pencuci mulut.

AMARANTH

Memiliki tekstur yang mirip dengan quinoa, biji-bijian ini kaya dengan lysine, asam amino yang telah terbukti dapat menyebabkan sel kanker menghancurkan diri sendiri. Fahma menambahkan, amaranth memiliki kandungan lunasin, yakni peptida bioaktif yang memungkinkan untuk menghentikan peradangan.

Eat it: Gunakan sebagai pengganti untuk couscous atau risotto, campuran cookies, atau dibuat seperti camilan berondong jagung.

BERAS HITAM

Beras hitam kaya akan kandungan antioksidan, anthocyanins dan vitamin E, ucap Fahma. Beras ini juga memiliki kandungan mineral yang tinggi.

Eat it: Beras hitam dapat dimasak dengan cara dikukus atau dibuat bubur. Ganti beras putih atau merah Anda yang regular dengan beras yang bernutrisi ini.

PICHUBERRY

Jika di kemudian hari Anda menemukan buah "jeruk" kecil terbungkus daun kering di atas kue ultang tahun Anda atau makanan yang Anda pesan di restoran, jangan terlalu cepat untuk menyingkirkannya. Menurut ahli gizi Manuel Villacorta, penulis dari Peruvian Power Foods, buah ini merupakan the-next-superfruit di tahun 2014. Fahma juga berkata pichuberry mengandung withanolides yang membantu untuk mengurangi pembengkakkan serta peradangan yang disebabkan oleh kanker. Buah ini juga kaya akan antioksidan, vitamin D, C, dan B12, zat besi, dan protein.

Eat it: Manis dan berair, buah ini bisa dicampurkan dalam adonan muffin, salad, atau resep pencuci mulut dengan buah-buahan mana pun.

 

(TEKS: JUSTINA TAN/CINDY EGIFANIA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Life & health