Career & Relationship

Kiat Atasi Pekerjaan Berlebih

By : Kiki Riama Priskila - 2014-10-10 10:12:05 Kiat Atasi Pekerjaan Berlebih

BUAT TO-DO LISTS

Buat satu daftar untuk kegiatan sebulan, satu untuk mingguan, dan satu untuk harian. Anda bisa terbantu dengan adanya agenda, di mana Anda tinggal mencatat kegiatan di kolom-kolom waktu yang sudah tersedia.

MULAI DARI KECIL

Pekerjaan-pekerjaan besar bisa dipecah menjadi aktivitas yang lebih kecil. Misalnya, Anda harus menyelenggarakan sebuah acara di kantor, supaya lebih mudah Anda bisa merincinya menjadi: buat daftar undangan, kontak katering, dan hubungi pengisi acara. Setiap hari, lakukan dua kegiatan dari rincian yang telah Anda buat, sehingga ketika deadline tiba Anda tidak kewalahan.

JANGAN HINDARI HAL SULIT

Sempatkan diri Anda untuk melakukan hal-hal yang sulit diselesaikan, setidaknya 30 menit dalam sehari. Contohnya dalam hal keuangan, dengan begini masalah tidak akan bertambah besar nantinya.

JADWALKAN MOMEN SANTAI

Selain menyempatkan diri untuk menyelesaikan masalah, Anda harus bisa memberi diri Anda sebuah reward sederhana, yaitu menyediakan waktu selama setengah jam sebelum Anda kembali ke rumah untuk sekadar browsing ataupun menyapa teman-teman. Mengapa di ujung hari kerja? Tujuannya agar Anda mempunyai sesuatu yang Anda nanti-nantikan.

"RESET" RUANG KERJA

Usai browsing, jangan lupa untuk membenahi meja kerja Anda. Pisahkan dokumen mana saja yang harus Anda selesaikan keesokan harinya dari dokumen yang sudah selesai dan dari dokumen yang tidak lagi Anda gunakan.

 

(TEKS: JEANNE TAI / KIKI RIAMA PRISKILA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Career & Relationship