Career & Relationship

Katakan ¨Tidak¨ Pada Atasan

By : Andhini Puteri Lestari - 2013-12-17 11:59:48 Katakan ¨Tidak¨ Pada Atasan

Meski sulit untuk dilakukan, namun saat atasan mulai mengganggu waktu personal Anda, cobalah untuk bersikap tegas. Berikut adalah beberapa cara agar Anda bisa mengatakan ¨tidak¨ secara sopan.

  • Percaya diri dan bersikap netral. Jangan mulai percakapan dengan sikap agresif sehingga atasan bisa mendengarkan. Jangan bersikap keras dan menuntut karena Anda akan terlihat sebagai sosok yang keras kepala dan atasan tidak lagi menaruh simpati.

  • Saling percaya. Buktikan pada atasan bahwa Anda peduli dengan tujuan perusahaan. Jadilah pekerja yang produktif saat berada di kantor sehingga Anda tidak terlalu menghabiskan waktu kerja terlalu larut.

  • Buatlah batasan. Utarakan yang jelas kapan Anda bisa bekerja hingga larut dan kapan tidak, sehingga atasan bisa mengerti posisi serta situasi Anda.

  • Komunikasikan batasan itu pada atasan sebelumnya tanpa terlihat memerintah, sehingga ketika ia meminta Anda bekerja di luar waktu kantor, Anda bisa menolak dengan sopan.

  • Bersikaplah fleksibel. Misalnya, saat atasan meminta Anda untuk bekerja hingga larut karena tim Anda sedang mengejar target, lakukanlah! Namun, jangan jadikan ini menjadi hal yang rutin terjadi setiap minggu.

 

(TEKS: KIKI RIAMA PRISKILA / FOTO: THINKSTOCK)

Career & Relationship